“Menggunakan Teknologi Informasi untuk Ikut Sertakan dalam Perdagangan Melalui Jaringan Elektronika”

“Menggunakan Teknologi Informasi untuk Ikut Sertakan dalam Perdagangan Melalui Jaringan Elektronika”
Perdagangan melalui jaringan elektronik dapat didefinisikan dengan sangat sempit:Dapat dikatakan hanya mencakup transaksi bisnis yang berhubungan dengan pelanggan dan pemasok,dan sering digambarkan dalam hal internet,seolah olah tidak ada alternatif komunikasi lain.

Kita ngambil pandangan yang lebih luas.Kita mendenfinisikan perdagangan melalui jaringan elektronik sebagai penggunaan komputer untuk memudahkan semua operasi perusahaan .Banyak operasi itu bersifat internal-dilakukan d perusahaan oleh bidang fungsional keuangan sumber daya manusia,jasa informasi,manufaktur,dan pemasaran. Beberapa operasi lain mencakup hubungan perusahaan dengan kedelapan elemen lingkungan.

Beberapa bidang memiliki tanggung jawab utama untuk elemen – elemen tertentu. Keuangan terutama berhubungan dengan masyarakat keuangan,pemegang saham dan pemilik,serta pelanggan perusahaan. Sumber daya manusia memiliki perhatian khusus pada masyarakat global dan serikat pekerja.

Jasa informasi berhubungan dengan pemasok perangkat keras dan perangkat lunak. Manufaktur bertanggung jawab untuk berhubungan dengan pemasok perusahaan dan serikat buruh. Pemasaran terutama bertanggung jawab untuk berhubungan dengan pelanggan dan pesaing perusahaan. Ssmua bidang itu berhubungan dengan pemerintah.

“Manfaat yang Diantisipasi dari Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik”

Perusahaan – perusahaan ikut serta dalam perdagangan melalui jaringan elektronik untuk mencapai perbaikan diseluruh organisasi. Perbaikan ini diharapkan menghasilkan tiga manfaat utama:

>Pelayanan pelanggan yang lebih baik
>Hubungan dengan pemasok dan masyarakat keuangan yang lebih baik
>Pengambalian atas investasi pemegang saham dan pemilik yang meningkat

manfaat – manfaat ini berkontribusi pada stabilitas keuangan perusahaan dan memungkinkannya untuk bersaing dengan lebih baik dalam dunia bisnis yang semakin terikat untuk mengunakan teknologi komputer.

“Kendala perdagangan melalui jaringan elektronik”

Tidak semua perusahaan ikut dalam keramaian perdagangan melalui jaringan elektronik.Dalam suatu survai tahun 1996,60% dari perushaan yang menjawab menunjukkan bahwa mereka tidak menerapkan perdagangan melalui jaringan elektronik dan tidak memiliki rencana untuk melakukan nya 3 thun yang akan datang.Ketikan ditanyakan alasan kehati – hatian mereka,perusahaan-perusahaan itu mendaftarkan kendala berdasarkan urutan berikut:

>Biaya tinggi
>Masalah keamanan
>Perangkat lunak yang belum mapan atau tersedia

Perusahaan yang telah memiliki sistem terutama menggunakannya untuk transaksi dengan pemasok (91%) dan pelanggan(88%),serta proses – proses utama yang berhubungan dengan pesanan pembelian,transfer pembayaran,dan faktur.

“Jalan menuju perdagangan melalui jaringan elektronik”

Ketika para exekutive perusahaan memutuskan bahwa manfaat yang diantisipasi melebihi kendalanya dan membuat keputusan untuk “jalan”,mereka memahami bahwa penerapannya akan menjadi tugas raksasa. Rencana bisnis strategis mewujudkan kotmitmen untuk menggunakan perdagangan melalui jaringan elektronik guna mencapai keunggulan strategis.Perusahaan pertama – tama mengumpulkan intelijen bisnis sehingga dapat memahami peran pontensial yang dimainkan tiap elemen lingkungan. Kemudian mencul kotmetmen untuk membentuk suatu sistem antar-organisasi (IOS)melalui pertukaran data elektronik (EDI). IOS dicapai dengan mengikuti siklus hidup sistem (system life cycle – SLC) atau melakukan rancang ulang proses bisnis (BPR). Hasilnya adalah sistem berorentasi jaringan yang menggunakan sambungan langsung, jaringan bernilai tambah,internet,atau kombinasinya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: