“Evaluasi Sistem Informasi Berbasis Komputer”

Usaha awal untuk menerapkan komputer dalam bidang bisnis terfokus pada data.Kemudian muncul penekanan pada informasi dan pendukung keputusan .Sekarang,komunikasi dan konsultasi mendapat perhatian yang paling besar.

Fokus Awal pada Data
Selama paruh pertama abad dua puluh,saat punched card dan keydriven bookkeeping machines berada dalam masa jayanya.
Namun yang diberikan untuk aplikasi awal akuntansi berbasis komputer ini adalah pengolahan data elektronika atau EDP.Istilah EDP tidak lagi populer,dan telah disingkat menjadi data processing (DP).Kita menggunakan istilah Sistem Infirmasi Akuntansi-SIA untuk menggambarkan sistem yang memproses aplikasi pengolahan data perusahaan .SIA menghasilkan beberapa informasi,sebagai produk sampingan dari proses akuntansi.

Fokus Baru pada Informasi
Pada tahun 1964,diperkenalkan satu generasi baru alat perhitung yang memperbaruhi cara penggunaan komputer.Komputer baru ini menggunakan sirkuit kepingan silikon yang memungkinkan daya pemprosesan yang lebih banyak untuk tiap rupiahnya.Konsep penggunaan komputer sebagai sistem infoemasi manajemen, atau SIM, dipromosikan oleh pembuatkomputer mendukung peralatan baru tersebut. Konses SIM menyadari bahwa aplikasi komputer harus diterapkan dengan tujuan utama untuk menghasilkan informasi manajement, Konsep ini segera di terima oleh banyak perusahaan besar.
Jalan yang ditempuh oleh para perintis ini tindaklah mulus.Hasil aktual jarang sesuai dengan yang di bayangkan semula.Ada beberapa penyebab kekurangan ini:kekurangannya pengetahui tentang komputer para antara para memakai,kurangnya pengertian bisnis dan kewenangan spesialis informasi mengenai peran manajemen,peralatan komputer yang mahal dan terbatas dibandingakan standar sekarang,dan sebagainya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: