“Sistem Informasi Manajemen Edisi Kedelapan,Mengelola Perusahaan Digital”

pada premis bahwa pengetahuan sistim informasi
merupakan esensi penting untuk menciptakan perusahaan yang kompetitif,
mengatur kerjasama global, menambahkan nilai bisnis, dan menyediakan
produk dan jasa yang bermanfaat bagi pelanggan. Buku ini memberi suatu
pengenalan sistem informasi manajemen (SIM) yang penting bagi para
mahasiswa program sarjana atau pasca sarjana demi sukses profesional
mereka.

MENGINTEGRASIKAN PERUSAHAAN SECARA DIGITAL
TUMBUHNYA PERUSAHAAN DIGITAL

Perkembangan Internet, globalisasi perdagangan, dan meningkatnya ekonomi
informasi telah menuang kembali peran sistim informasi (SI) pada bidang
manajemen dan bisnis. Teknologi internet memberi dasar untuk beragam
model dan proses bisnis baru, serta bermacam jalan baru dalam hal
pendistribusian ilmu pengetahuan.
Gelombang-gelombang kegagalan dari dot-com ternyata tidak menghalangi
niat perusahaan untuk menggunakan teknologi Internet dalam mengendalikan
bisnis mereka. Banyak perusahaan bersandar pada Internet dan teknologi
jaringan untuk menjalankan pekerjaan-pekerjaan mereka secara elektronis,
secara lancar menghubungkan banyak pabrik, kantor, dan tenaga penjualan
di sekitarnya. Perusahaan-perusahaan pelopor seperti Cisco Systems,
Dell Computer, dan Procter & Gamble memperluas jaringan tersebut sampai
kepada para penyalur, pelanggan, dan kelompok lain di luar organisasi
terkait agar mereka dapat bertindak cepat terhadap permintaan para
pelanggan dan gejala perubahan pasar. Para manajer Cisco Systems mampu
memanfaatkan sistim informasi itu untuk “hampir mendekati” pembukuan
mereka pada setiap waktu sehingga bisa menyusun laporan keuangan
gabungan berdasar pada perubahan pemesanan, potongan harga, pendapatan,
produk, dan susunan biaya kepegawaian. Para eksekutif mampu secara
konstan menganalisa performa mereka pada semua level organisasi mereka.
Pengintegrasian secara digital ini, baik di dalam atau di luar
perusahaan, mulai dari gudang sampai kepada deretan eksekutif, mulai
dari para penyalur sampai ke pelanggan, mengubah bagaimana kita
mengorganisir dan mengatur suatu perusahaan bisnis. Pada akhirnya,
perubahan ini mendorong ke arah perusahaan yang benar-benar dikelola
secara digital. Pada perusahaan seperti inilah semua proses bisnis dan
hubungan internal dengan para penyalur dan pelanggan dimungkinkan secara
digital. Dalam perusahaan yang terkelola secara digital, informasi untuk
mendukung keputusan bisnis siap tersedia kapanpun dan di manapun dalam
organisasi yang bersangkutan. Maka buku ini tepat untuk “Mengelola Perusahaan Digital”.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: