_Turanor,Kapal Bertenaga Matahari Pertama di Dunia _

KIEL (SI) – Industri perkapalan Jerman baru saja memperkenalkan produk mutakhir,Turanor.Kapal ini disebut-sebut sebagai kapal bertenaga matahari pertama dan terbesar di dunia.

Siapa pun pasti menyebut kapal ini istimewa karena berbeda dari kapal-kapal yang pernah diciptakan manusia.Kapal ini berukuran besar dan tipis untuk ukuran sebuah kendaraan air. Turanor memiliki luas 5.400 kaki persegi. Nama Turanor diambil dari istilah yang diciptakan novelis JRR Tolkein. Dalam novelnya, Lord of the Rings,Tolkein kerap menyebut Turanor.Dia mengartikan Turanor sebagai “kekuatan matahari”. Rabu (31/3) lalu,Turanor diterjunkan ke atas permukaan air untuk pertama kali di pantai utara Kiel, Jerman. Nakhoda yang mendapat kehormatan menguji coba adalah Raphael Domjan.

“Ini adalah saat yang membahagiakan untuk saya,” paparnya. Sebagai nakhoda,Domjan adalah orang penting yang berada di balik kesuksesan Turanor.Dia pun sudah tidak sabar lagi menantikan momen peluncuran Turanor.“Saya tidak sabar menakhodai Turanor,” katanya. Kapal megah dan mutakhir ini adalah bukti kualitas kerja arsitek Swiss selama enam tahun terakhir. Kapal mutakhir ini belum diluncurkan secara resmi karena momen yang terjadi Rabu lalu adalah uji coba awal terhadap kemampuan dan ketangguhan Turanor. Pemilik kapal, Immo Stroher, tidak bisa menutup rasa bangganya terhadap Turanor. “Kita berhasil.Turanor benar-benar berlayar,” katanya seraya menghapus air mata. Tentu bukan air mata kesedihan, melainkan air mata bahagia.

Pada momen bersejarah itu Stroher tidak datang sendirian. Dia mengajak keluarga besarnya untuk menyaksikan kehebatan Turanor. Cucu perempuan Stroher tampak antusias menyaksikan uji coba pertama Turanor. Dia membuka botol sampanye, kemudian mengajak semua tamu untuk bersulang. “Semoga Anda selalu memperoleh air di bawah haluan dan matahari yang cukup di atas dek kapal Anda,” katanya. Turanor didesain sanggup melaju hingga kecepatan 7,5 knot, atau setara dengan kecepatan ratarata kapal tanker minyak. Konstruksi Turanor dibuat dengan gaya katamaran. Kapal ini membuktikan sinar matahari merupakan sumber tenaga yang aman dan berkualitas baik. Rencananya, kapal raksasa ini resmi diluncurkan April 2011.

Jika tidak ada aral melintang, Turanor akan mengelilingi dunia. Awalnya Turanor akan melintasi Samudra Atlantik, singgah sebentar di New York dan San Fransisco, kemudian melanjutkan perjalanan ke Australia dan Arab Saudi. Turanor akan berlabuh selama beberapa waktu di pelabuhan Arab Saudi, sebelum akhirnya berlayar pulang ke Jerman. Domjan berharap, perjalanan Turanor sesuai dengan estimasi waktu yang sudah disusun bersama. “Pelayaran pertama akan berlangsung selama 140 hari,” kata sang nakhoda Turanor.Menurut Domjan, Turanor adalah simbol daya guna energi matahari di masa mendatang.“ Semoga semua setuju dengan pemikiran saya,”paparnya. Rancangan Turanor dirilis pertama kali pada 2004.

Setelah rancangannya disetujui, para arsitek PlanetSolar SA lekas bekerja.Mereka membentuk tim khusus yang terdiri dari arsitek dan teknisi unggul. Setahun lalu potongan badan Turanor dibawa ke galangan kapal Knierim Yachtbau. Turanor sudah pasti menjadi kebanggaan Jerman. Pemerintah mengaku senang dengan kinerja PlanetSolar SA dan hasil akhir Turanor.“ Belum pernah ada kapal seperti ini,” tutur perwakilan Asosiasi Kapal Jerman, Claus Ehlert- Meyer, kepada media massa.

Ehlert-Meyer pantas bangga, sebab Turanor diciptakan dengan dukungan teknologi mutakhir. “Kami mendayagunakan teknologi yang baru. Turanor dibangun dengan gaya konstruksi terbaru,” paparnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: