_Manfaat Putus Cinta_

KATA putus bagai warna hitam dalam sebuah hubungan. Tapi kalau bisa berpikir positif, situasi momok ini memotivasi Anda untuk berbuat positif.

Setiap hubungan punya cela dan perbedaan, sebab itulah yang menjadikan insan di dalamnya tumbuh dewasa bersama. Kalaupun hubungan Anda dan si dia pada akhirnya tak bertahan lama, tak perlu diratapi berlebihan. Toh, life must go on.

Modern Mom mengulas manfaat apa yang bisa Anda ambil saat kata putus hubungan telah terucap.

Arahkan energi negatif

Dr John Trent, pengelola situs strongfamilies.com mengatakan, olahraga memberi manfaat therapeutic pada berbagai tingkatan, bahkan olahraga sederhana sekalipun, seperti berjalan atau berlari. Olahraga mampu mengarahkan energi atau emosi negatif menjadi positif. Meskipun mungkin tidak segera bisa melangkah ringan setelah putus hubungan, Anda akan merasa lebih baik setelah olahraga.

Buat keputusan sendiri

Orang cenderung menyalahkan diri setelah putus hubungan. Bersihkan pikiran dari kata-kata “Aku harus”. Pernyataan tersebut menuntun pikiran Anda dari pikiran negatif, seperti “Aku harus meninggalkannya lebih cepat”. Jangan pedulikan apa yang dipikirkan orang lain. Buatlah keputusan terbaik untuk diri Anda.

Dengarkan kata hati

Salah satu masalah terbesar wanita setelah putus hubungan adalah tidak memedulikan kata hati. Untuk mengatasi perasaan tidak tenang ini, mulailah dengan sebuah jurnal. Tuliskan apa yang di pikiran Anda tentang perilaku mantan kekasih. Belajarlah untuk mengatakan “ya” pada berbagai hal baik dan “tidak” pada hal-hal buruk untuk kehidupan Anda.

Kembali temukan jati diri

Hubungan kerap diisi dengan berbagai kompromi. Buat sebuah papan visi dengan menggunting gambar dan kata-kata dari majalah yang memiliki arti bagi Anda dan hubungan, lalu tempelkan di karton. Pengingat visual ini terus akan mengisi pikiran Anda dengan energi positif dan mengingatkan Anda apa yang dapat dicapai setiap hari.

Perkaya hati dengan kegiatan sosial

Kegiatan sosial, khususnya menjadi relawan merupakan cara untuk mencapai aktualisasi diri sekaligus membantu sesama. Dr Trent meyakini, “Tindakan mengarahkan perasaan, bukan sebaliknya. Ketika kita mulai mengambil tindakan positif, itu menghasilkan perasaan positif. Bukan sebaliknya.” Ambil langkah pertama, selanjutnya perasaan akan secara alami mengikuti.

Luapkan kesedihan, lalu mulai langkah dengan hati bersih

Orang menyembuhkan luka hatinya dengan berbagai cara. Biarkan diri Anda untuk merasakan kesedihan dengan menangis. Bersihkan hati yang mengingatkan Anda pada luka itu dengan melupakan kenangan tentang mantan kekasih.

Dan jangan terlibat dalam suatu hubungan baru terlalu cepat, yang justru hanya mentransfer perasaan dari hubungan lama Anda ke hubungan yang baru. Lebih baik luangkan waktu bersama teman-teman untuk menghilangkan perasaan kesepian Anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: