_Martina Navratilova Didiagnosa Kanker Payudara_


Penyakit itu diketahui dari hasil tes mammogram Januari lalu. Navratilova yang kini berusia 53 tahun, didiagnosis menderita Ductal Carsinoma In Situ (DCIS), jenis kanker payudara yang non-invasif.

Kepada majalah People Navratilova mengatakan, “Aku menangis. Ini seolah tepukan di pantat, sungguh. Aku merasa sudah mengontrol kehidupan dan tubuhku dan kemudian ini datang. Ini benar-benar di luar kemampuanku” Navratilova menyebut hasil diagnosa penyakitnya ini sebagai serangan 9/11 pribadi.

Meski demikian Navratilova tetap merasa bersyukur karena kanker itu terdeteksi sejak dini, setelah ia menjalani tes mammogram. Semula Navratilova berniat menyembunyikan informasi ini dari pers, tapi kemudian kemudian ia
berpikir harus menceritakan apa yang dialaminya supaya bisa menjadi pelajaran bagi wanita lain untuk rutin melakukan pemeriksaan mammogram.

Bintang tenis asal Ceko ini menjalani lumpektomi atau operasi pengangkatan jaringan kanker 15 Maret lalu. Dua minggu kemudian ia sudah ambil bagian dalam triatlon. Navratilova berencana memulai perawatan radiasi di Paris, sekaligus menjalani pekerjaan barunya sebagai sebagai komentator di Perancis Terbuka

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: