Ditemukan, Bakteri Usus dalam Sushie

Liputan6.com, Tokyo: Kabar baik bagi penggemar makanan dari Negeri Sakura. Ilmuwan Inggris menyimpulkan bahwa sushi mengandung bakteri yang berfungsi membantu pencernaan. Demikian laporan jurnal Nature seperti dikutip Telegraph, Jumat (9/4).

Hasil penelitian Mirjam Czjzek dan Marie Curie dari Universitas Pierre di Paris, Prancis, menyebutkan bahwa sushi biasanya sering dibungkus dengan rumput laut di negeri asalnya. Hal itulah yang memungkinkan terbentuknya dua bakteri secara bersama. Bahkan, memungkinkan gen untuk melompat ke dalam bakteri usus.

Kedua peneliti percaya, hal itu membuktikan adanya keanekaragaman bakteri. Anehnya, kata mereka, bakteri itu hanya ditemukan dalam tubuh orang Jepang. “Sedangkan dalam perut relawan dari Amerika Serikat tidak ditemu jejak bakteri,” kata mereka.

Kedua ilmuawan itu menamakan bakteri itu Gen Sushi. Para peneliti juga percaya bahwa gen mengambil bakteri dari rumput laut. Sushi biasanya terbuat dari ikan dan diperkirakan dikonsumsi warga Jepang sejak abad ke-8.(ADDy/SHA)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: