PKS Tak Anggap Anas Kompetitor di 2014

Menurut Mahfudz, Anas merupakan aset kepemimpinan nasional bagi Partai Demokrat. Namun PKS tak khawatir dengan keberadaan Anas sebagai the new rising star dari Demokrat.

“PKS sejak awal tidak memposisikan Anas sebagai kompetitor di (Pemilu) 2014,” kata Mahfudz di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa 25 Mei 2010.

Mahfudz mengakui, Anas memiliki peluang untuk maju menjadi calon presiden pada Pemilu 2014, menggantikan Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Kendati demikian, hal itu sangat tergantung pada kepemimpinan Anas lima tahun ke depan. Juga tergantung dari cara Anas berkomunikasi serta membangun relasi dengan berbagai elemen kekuatan, baik di internal maupun eksternal partai.

Alih-alih memandang Anas sebagai kompetitor, PKS justru mendorong Anas untuk memperkuat dan memperluas komunikasi serta kerjasama di antara partai-partai koalisi.

“Ingat, PKS dan Demokrat itu satu genre, yakni partai yang lahir pada era reformasi, dengan proses regenerasi kepemimpinan muda yang relatif cepat,” ujar anggota DPR dari daerah pemilihan Pasuruan-Probolinggo itu.

Bagaimanapun, PKS mengakui dengan terpilihnya Anas maka Demokrat telah selangkah lebih maju dibanding partai-partai lain, termasuk PKS sendiri. Hal itu karena Demokrat telah berani mendobrak kebiasaan umum yang berlaku, di mana ketua umum partai lazimnya dipimpin oleh figur senior.

Peluang Anas pun dipandang PKS cukup besar di 2014, karena Pemilu 2014 jelas menandai alih generasi kepemimpinan nasional di tanah air. “Pemilu 2014 nanti akan sangat menarik, karena merupakan tahap awal kontestasi politik yang menjadi ajang regenerasi kepemimpinan nasional,” tutur Mahfudz.

Namun sekali lagi, imbuhnya, PKS tidak melihat Anas sebagai ancaman

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: